Kamis, 20 Juni 2013

Wisata Dalam Negeri: Tasikmalaya yang Mempesona


Sebentar lagi masuk liburan panjang
UAS selesai dan adik-adik SD sampai SMA sebentar lagi akan melakukan pembagian rapor.
*Semoga hasilnya bagus-bagus ya*
Yang sudah kuliah, bulan Juni sudah masuk liburan semester yang panjang. *YESS!!*

Kalau liburan pasti kepikiran untuk wisata atau jalan-jalan ke tempat wisata, kan???
Hmm...
 Bingung mau kemana??

Kita tidak perlu harus ke luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan.
Kenapa tidak mencoba wisata dalam negeri?
Berwisata ke  Tasikmalaya yang ada di Provinsi Jawa Barat bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu liburan kita.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tasikmalaya#Pusat_perbelanjaan_Modern_dan_hiburan
Pernah membayangkan ada menara Eiffel di Tasikmalaya?
Di Tasikmalaya juga pernah ada.
Kenapa harus jauh-jauh ke Paris, kalau di kota kita sendiri ada.
Tasikmalaya sebenarnya sudah terkenal dari dulu sebagai salah satu kota wisata di Indonesia. 
Kota ini berada persis di tengah-tengah jantung bumi Priangan Timur dan Selatan, diapit oleh Ciamis, Sumedang dan Garut.
Karena posisinya yang strategis, banyak turis yang menjadikan kota ini sebagai titik pusat perjalanan ke bumi Priangan Timur dan Selatan. Oke, kita langsung ke TKP ya. Ada objek wisata apa saja yang ada di Kota Tasikmalaya.


 
Objek Wisata di Tasikmalaya
Sebenarnya objek wisata di kota Tasikmalaya cukup banyak dan tentu saja saya tidak mungkin bisa merangkum semuanya. Tapi saya bisa sebutkan beberapa objek wisata di Kota Tasikmalaya yang cukup terkenal. Semoga ini bisa menjadi salah satu saran buat pembaca ketika ingin berwisata di Kota Tasikmalaya yang mempesona.
Curug Dengdeng
Curug Dengdeng terletak di Desa Cikawung Ading, Kampung Caringin dengan kecamatan Cipatujah di Kabupaten Tasikmalaya. Curug Dengdeng ini memiliki 3 tingkatan curug, dari yang tingginya 13 m, 11 m hingga yang ketiga yang tingginya hanya 9 m. Dari puncak Curug Dengdeng pada tingkat pertama kita dapat menikmati pemandangan aliran Sungai Cikembang.
Gunung Galunggung
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan puncak mirip kerucut dengan ketinggian 2.167 m di atas permukaan laut. Gunung ini pernah meletus beberapa kali dan terakhir meletus pada tanggal 5 April 1982.
Di kawasan Gunung Galunggung terdapat dua tempat wsata favorit, yaitu Danai Kawah dan Pemandian Cipanas. Untuk menuju lokasi Danau Kawah, pengunjung harus melewati sekeitar 620 anak tangga yang merupakan tempat populer untuk berfoto dan menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Pemandangan yang eksotik akan menunggu anda di sana. Sementara itu, Pemandiana Cipanas juga menyajikan keindahan air terjun alami yang mempesona anda.
Kampung Naga
Kampung Naga merupakan sebuah desa tradisional yang masih mempertahankan adat budaya asal daerah tersebut. Sehingga saat anda menginjakkan kaki di Kampung Naga ini anda dapat merasakan nuansa sederhana dan penuh kesahajaan. Karena keasriaannya, anda tidak akan menyesal berkunjung ke Kampung ini, karena tentu saja setiap tempat yang asri akan mempesona anda dengan panoramanya. Sawah hijau yang membentang, lenggak lenggok Sungai Ciwulan, kicau burung dan hembusan angin akan mampu menghilangkan kepenatan anda selama berada di kota-kota besar yang bising dan penuh polusi.
Pantai Cipatujah
Pantai Cipatujah merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu karang tempat ikan-ikan bertelur. Panatai Cipatujah ini merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan Pntai Selatan, selain ituu pantai ini memiliki pasir besi sehingga cocok untuk berjemur dan melakukan aktivitas rekreasi pantai lainnya.

Pantai Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan memperlihatkan sejumlah karang yang diterpa gelombang laut selatan. Eksotik dan alami, dua kata ini yang dapat menggambarkan keindahan pantai ini. Pantai ini cenderung landai sehingga cukup aman untuk berenang.
Ketika cuaca serah, kita bahkan dapat menyasikan matahri tenggelam di balik punggung Nusa Manuk. Pemandangan yang cukup berharga untuk dilewati di objek wisata Tasikmalay satu ini.  
Pantai Pamayangsari
Pantai Pamayangsari teretak di Kecamatan Cipatujah. Pantai landai ini ramai wisatawan karena tertarik untuk menikmati hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau. Jika tertarik untuk bekunjung ke objek wisata Tasikmalaya yang satu ini, cobalah untuk datang pada awal bulan Muharam, karena di sini akan diadakan sebuah ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas.
Pantai Sindang Kerta Penetasan Penyu
Pantai Sindangkerta merupakan tempat habitat penyu dan tempat penetasan telur-telurnya. Pantai ini terkenal sebagai tempat penangkaran penyu. Di objek wisata tasikmalaya satu ini, anda dapat menikmati taman lautnya yang kaya akan berbagai macam ikan hias dan penyu hijau yang langka. Wisatawan yang tertarik pada penyu dapat melihat penyu-penyu ini bertelur saat malam hari dan melihat penetasan bayi-bayi penyu yang dapat dilepaskan oleh wisatawan ke laut.
Membebaskan bayi penyu ke laut merupakan salah satu aktivitas wisata yang cukup diminatti di negeri lain. Sekali lagi, anda punya cukup alasan untuk bangga berwisata di dalam negeri dibandingkan ke luar negeri.
Situ Gede
 Objek wisata situ Gede merupakan objek wisata alam yang cukup diminatti karena objek wisata ini dekat dengan pusat kota. Objek wisata ini dapat menarik pengunjung hingga 9.900 orang/tahunnya. Danau ini sangat terkenal akan ciri khasya yaitu di tengah danau terdapat sebuah pulau. Di pulau ini terdapat makam Eyang Prabudilaya yang dikeramatkan. Di objek wisata Situ Gede, anda dapat menikmati pemandangan danau dengan rait yang dapat disewa engan harga relatif murah.

Situ Sanghiyang
Situ Sanghiyang merupakan objek wisata berupa danau yang terletak di Desa Cilolhan-Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya. Disini kita dapat memancing ikan dan menikmat pemandangan yang masih alami. Danau ini terbilang cukup sepi pengunjung dibandingkan Danau Situ Gede yang terletak dekat pusat kota. Sehingga bagi pengunjung yang tidak suka keramaian akan lebih memilih berkunjung ke Danau Situ Sanghiyang.

Berwisata ke sebuah daerah tanpa mencicipi makanan khasnya tentu akan terasa kurang lengkap. Yup, Wisata Kuliner Tasikmalaya juga cukup terkenal dan menjanjikan lidah anda mengenang rasanya dan ingin kembali mencicipinya.
Salah satu makanan khas Kota Tasikmalaya adalah
Oleh-oleh khas Tasikmalaya yang terkenal ada beberapa macam, yaitu 
Nasi T.O atau Nasi Tutug Oncom 
Sesuai namanya, Nasi T.O ini adalah nasi yang dicampur dengan oncom yang disangray dengan bumbu. Penampakan Nasi T.O
Nasi Tutug Oncom
Kelihatan enak bukan? Apalagi kalau dinikmati bersama dengan ayam/ikan bakar khas dan Sambal Gaong.




Sambal Gaong
 Wah apalagi nih Sambal Gaong??
Sambal Gaong adalah sambal dengan cabe rawit hijau dan merupakan sambal wajib di Tasikmalaya. Bagi anda penyuka kuliner pedas, Sambal Gaong akan membuktikan diri sebagai teman panganan yang wajib anda coba.


Lelah dengan makanan berat? Coba beralih ke jajanan baksonya. Bakso Mi Laksana 
Bakso Mie Laksana Tasikmalaya
Kata orang sih, kalau tidak mencicipi baksonya artinya belum benar-benar mengunjungi Tasikmalaya. wah ada apa ya dengan bakso Tasikmalaya?
Mungkinkah karena mienya yang berwarna putih dan begitu kenyal sehingga ketika digigit, mienya mudah putus. Mungkin karena kuah dagingnya yang terasa segar dan penuh rasa gurih. Ataukah karena baksonya yang kenal dan penuh daging sehingga menjadi ujung tombak enaknya bakso ini. Ternyata jawabannya adalah sambal bawang khas Tasikmalaya yang terkenal sangat nikmat. Penasaran? Silahkan berwisata ke Tasikmalaya untuk mencicipinya sendiri.
Masih kurang? Bagaimana kalau anda juga mencicipi Kue Cucur Khas Tasik yang terkenal akan kelembuttannya tanpa bahan pengawet dan gula merah asli. Sangat cocok untuk teman cemil saat berkumpul dengan keluarga.
Kue Cucur Khas Tasik

Wisata berkeliling Tasikmalaya sudah, wisata kulinernya juga sudah, saat pulang bukankah kita harus membawa Oleh-Oleh Khas Tasik?
Tasikmalaya terkenal akan bordirannya yang bahkan sudah mendunia hingga ke Arab Saudi dan timur tengah bahkan Malaysia dan Brunei Darussalam juga mengimpor bordir asal Tasikmalaya ini.
Bordiran Tasikmalaya
Ketika berwisata ke Tasikmalaya, cobalah untuk berburu Payung Geulis dan Kelom Geulis. Payung Geulis merupakan payung legendaris yang terkenal sejak zaman kolonial Belanda sebagai trend para gadis Jawa Barat pada saat itu. Payung ini terkenal akan motif bunga dan satwanya yang indah. Sementara Kelom Geulis adalah sandal berhak dari kayu yang motif dan ukirannya sangat unik dan cantik. Kelom Geulis juga sudah terkenal sejak zaman kolonial dan merupakan salah satu  handmade  dari kayu mahoni yang paling diburu para turis saat berwisata ke Tasikmalaya dan bahkan diekspor ke luar negeri.
Kelom Geulis
Payung Geulis




Masih bingung untuk menghabiskan liburan di Tasikmalaya karena tidak tahu tempat menginapnya?
Di Tasikmalaya juga terdapat salah satu hotel berbintang yang cukup nyaman dan mendukung pasriwisata Tasikmalaya. Hotel Santika Tasikmalaya 
Hotel Santika berada lokasi yang cukup strategis, karena hanya berjarak 130 km dari Bandara. Hotel Santika Tasikmalaya memiliki sebuah kolam renang outdoor dan kamar-kamar yang luas dengan pemandangan kota serta Wi-Fi gratis. Hotel ini berjarak 15 km dari Gunung Galunggung dan Pusat Kerajinan Rajapolah.
Hotel Santika Tasikmalaya
Jalan Yudanegara No. 57, Tasikmalaya - West Java
Phone : (62-265) 315777, 329797
Fax : (62-265) 311553
Email : tasikmalaya@santika.com
Website: http://santika.com/santika-tasikmalaya/
Twitter: @santika_tasik


Bagaimana?
Tasikmalaya merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menjanjikan bukan? Anda tidak perlu bersusah-susah harus berwisata ke luar negeri untuk menikmati pemandangan indah, menikmati kuliner enak atau berburu oleh-oleh khas. Semuanya dapat dilakukan di Tasikmalaya. Tidak ada salahnya untuk berwisata di dalam negeri, karena sebenarnya Indonesia kaya akan objek-objek wisata yang menjanjikan seperti Tasikmalaya ini. Namun karena obejek-objek wisata tersebut memang belum terekspos menyebabkan kita tidak tahu akan kekayaan negeri kita sendiri.
Sekian ulasan saya mengenai wisata Tasikmalaya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membuat anda tertarik untuk berwisata di Kota Santri yang mempesona ini dan selamat menikmati liburan.


*Tulisan ini diikutsertakan dalam Tasikmalaya Blogging Competition yang diadakan oleh Hotel Santika Tasikmalaya. Informasi tentang Hotel Santika Tasikmalaya bisa melalui Fan page Facebook Hotel Santika Tasikmalaya, atau melalui akun twitter Hotel Santika Tasikmalaya


5 komentar:

  1. saya cinta tasikmalaya http://obattumorotak.wordpress.com

    BalasHapus
  2. keren, anda bisa nulis artikel wisata tasikmalaya, itu kampung halaman saya terima kasih nice info min, www.facebook.com/fiestaindonesia/

    BalasHapus
  3. kl bisa artikelnya dirapihin min, biar enak bacanya :)
    Pusat Oleh-Oleh Khas Tasik

    BalasHapus